6 Cara Sederhana Mengatasi Kantuk Berlebihan

Akhir-akhir ini Khanifah sering mengalami kantuk yang berlebihan, walau pola tidur sudah di atur namun tetap saja rasa kantuk sering muncul di jam-jam sibuk. Pada dasarnya, mengantuk adalah hal alami yang dirasakan oleh seseorang. Namun bagaimana jika rasa mengantuk itu sampai menganggu aktivitas dan kinerja kita termasuk yang Khanifah alami sekarang. Walaupun terdengar sepele, ngantuk juga bisa membahayakan diri jika dialami ketika sedang mengendarai kendaraan, banyaknya kasus kecelakaan dijalan raya banyak yang disebabkan karena mengantuk.
Berikut ini  khanifah jabarkan 6 cara mengatasi sifat kantuk yang berlebihan di jam-jam sibuk:

1. Konsumsi Sayur dan Air Putih
Selain mengkonsumsi sayuran hijau, zat besi, protein dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Hal ini dikarenakan adanya pertukaran cairan ke dalam tubuh yang akan mempengaruhi kesegeran tubuh. Sedangkan zat besi yang terdapat pada kacang almondyang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

2. Berjalan-jalanlah


Sekedar menghirup udara dan menghilangkan kejenuhan di balik meja kantorsering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar. Hal ini juga bisa disamaka dengan olahraga kecil seperti lari pagi ataupun joging di sore hari selepas pulang kantor. Hal ini dapat membantu perederan oksigen dan darah sehingga sel-sel dapat diperbaharui dan mencegah terjadinya kantuk yang berlebihan

3. Istirahatkan Mata 


Terlalu lama di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks. Salah satu caranya adalah Duduk lurus di kursi kerja Anda dan gosokkan kedua telapak tangan Anda satu sama lain sampai telapak tangan terasa hangat. Kehangatan telapak tangan membantu menenangkan dan merelaksasi mata yang lelah. Kemudian, perlahan tutupi mata dengan telapak tangan dan rileks selama 60 detik. Hitung setiap detiknya dalam pikiran Anda. Ulangi latihan ini 2 sampai 3 kali setiap kali mata terasa lelah, atau sesering yang inginkan. Saat menutup mata dengan telapak tangan, siku Anda dapat di taruh di meja atau sesuai dengan kenyamanan Anda. Keduanya sama-sama baik.Dan salah satu cara sederhana dalam mengistirahatkan mata dengan cuci muka (berwudhu) lebih sering lagi.

4. Buat Minuman Teh Hijau

Selain kopi, teh hijau juga mengandung kafein. Namun teh hijau lebih baik karena memberikan tubuh banyak antioksidan. Teh hijau juga bagus untuk menjaga stamina tubuh Anda.Teh ataupun terbukti dapat menghilangkan kantuk karena mengandu zat kafein yang dapat menstimulus otak anda kembali segar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak meminum kopi karena terlalu banyak minum kopi dapat berimplikasi ke berbagai macam penyakit lainnya, terutama lambung.

5. Pasang Musik

Hidupkan musik dari handphone atau gadget Anda. Pakai earphone untuk mendengarkan musik untuk mengusir rasa kantuk. Musik akan membangkitkan semangat. Lupakan lagu-lagu slow dan beralihlah ke musik hip hop atau rock and roll yang membuat tubuh Anda sedikit bergoyang. Ingat, pakai headset saat mendengarkan musik agar rekan lain tidak terganggu. Selain itu menonton atau melihat video jenaka juga dirasakan ampuh untuk mengusir kantuk terutama saat dimana anda sedang begadang megerjakan deadline.

6. Atur Pola Tidur


Dengan mengatur pola tidur yang sesuai bisa sedikit mengurangi kebiasaan mengantuk yang dirasakan. Umumnya untuk seorang dewasa rata-rata jam tidur selama 6 jam, walau sebenarnya 4 jam saja sudah dirasakan cukup. Namun apabila kantuk itu tak juga menghilang cobalah curi-curi waktu untuk tidur
Ingat tubuh anda juga berhak untuk istirahat. 

0 comments:

Post a Comment

Bloggerperempuan

Blogger Perempuan
 
Catatan Si Butet Blog Design by Ipietoon