Apa itu Jilbab? dan Mengapa?


Yakni pakaian yang dapat menutup aurat seorang muslimah. Yang mana saya kira semua sudah tahu, yakni mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan. Dengan begitu jelas, kita sebagai umat muslim harus menutup aurat entah dengan apa caranya. Tapi mengapa hanya sedikit di antara kita yang sadar bahwa mengenakan jilbab untuk menutup aurat itu hukumnya WAJIB! Allah telah memerintahkan kepada kita dalam QS. An Nuur: 31, yang artinya:

Katakanlah kepada wanita yang beriman:

“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya..." Tujuan dari jilbab sendiri adalah menutupi perhiasan wanita. Jadi suatu presepsi yang salah besar, para kaum wanita, dengan disadari ia adalah seorang muslimah mengenakan pakaiannya sebagai perhiasan.
Saling menonjolkan kemewahan, berbangga-bangga dengan pakaian yang ia kenakan.

Mengapa harus berjilbab?



·Suatu perintah dari Allah dan Rasul-Nya

·Sebagai bukti taat seorang muslimah kepada Allah dan rasul

·Lambang rasa malu untuk mengumbar nafsu. Sesungguhnya Alklah Maha Pemalu dan menyukai rasa malu. Dan Allah Maha Tertutup dan mencintai seorang hamba yang menutup aurat.

·Jilbab suatu kehormatan. Allah saja menghormati perhiasan kita dengan memerintahkan untuk menutup aurat, baik ketika hidupmaupun mati. Mengapa kita tidak?

·Seorang muslimah berjilbab akan terlindungi gdari gangguan-gangguan orang fasik

·Lambang kesucian. Baik bagi yang mengenakan maupun yang melihatnya.



Jilbab bukanlah sekedar kain usam yang menutupi indahanya mahkota wanita. Bukan juga alat penghalang kecantikan seorang wanita. Tapi, jilbab adalah suatu kemulyaan Allah yang diberikan kepada kita untuk membentangkan jalan menuju Ridlo-Nya.

Ingatlah, selama kita mengenkan jilbab, kita terhitung:



· Mendapat pahala karena mau mendengar dan taat pada perintah Allah dan Rasul

· Beribadah dengan mendekatakan diri pada Allah

· Allah menyukai jilbab, dan semoga kita menjadi hamba yang disukai-Nya

· Pahala sabar dalam menaati Allah, meninggalkan maksiat, menghadapi ejekan-ejekan, bahkan sabar atas panasnya cuaca.

· Pahala membela agama Allah

· Pahala meneladani wanita-wanita shalihah dan menyerupakan diri seperti mereka.

· Pahala menjaga kesucian diri





Manfaat Berjilbab



Buat temen2 muslimah kayaknya kudu baca nih…



1.Rambut Muslimah yang erjilbab terlindung dari sengatan panas matahari dan terlindung dari debu serta polusi, sehingga ketika jilbabnya dibuka, rambutnya tampak selalu bersinar. Rambut indahnya hanya diperlihatkan untuk orang-orang yang berhak melihatnya.

2.Terjaga dari pandangan pria nakal. Muslimah yang berjilbab tidak mengumbar tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan. Oleh karena itu, pria pun terbatas memandangnya.

3.Pria segan menggoda apalagi melecehkan. Biasanya, pria segan mendekati apalagi menggoda wanita berjilbab, kecuali kalau peluang itu diciptakan oleh wanita itu sendiri.

4.Termotivasi untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkannya. Muslimah yang berjilbab merasa dirinya menjadi alat ukur kebaikan dan kesuksesan. Tuntutan ini sangat bagus karena memacu dirinya untuk senantiasa berlomba meraih prestasi, kebaikan, dan sekuat mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mencemarkan nama baik Islam oleh perbuatan dosa dan tercela.

5.Terjaga kehormatannya. Wanita berjilbab akan selalu menjaga kehormatannya seiring dengan ilmu yang dimilikinya karena mereka mengetahui dan dapat membedakan perilaku yang harus dilakukan dengan perilaku yang harus dihindari. Wanita berjilbab dan berilmu merasa selalu diawasi Allah dari segala kemaksiatan.
Terjaga dari polusi. Berjilbab berarti menutup aurat. Kain penutup yang menutupi bagian tubuh wanita menghalangi kotoran dan polusi udara.

sumber : http://www.mardhauniq.com

0 comments:

Post a Comment

Bloggerperempuan

Blogger Perempuan
 
Catatan Si Butet Blog Design by Ipietoon